Optimasi Kinerja Sistem Informasi Penjualan Undangan Online dengan Menggunakan Framework COBIT 5.0: Studi Kasus Two Hearts ID

Authors

  • I Putu Bagus Wiranata Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Indriyani
  • Paula Dewanti ITB STIMON Bali

Keywords:

IT Governence Audit, COBIT 2019, APO07, APO08, APO11, sistem informasi, sales

Abstract

Two Hearts ID, sebuah UMKM yang bergerak di bidang jasa pembuatan undangan pernikahan digital, menghadapi kesulitan dalam mengukur kinerja dan efektivitas sistem informasi penjualannya. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti melakukan audit sistem informasi menggunakan kerangka kerja COBIT 5.0, yang mencakup domain Deliver, Service and Support (DSS) serta Monitor, Evaluate and Assess (MEA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi penjualan Two Hearts ID telah mencapai tingkat kematangan sebesar 448%, yang berarti telah mencapai level "Fully Achieved" dan berada pada level 1 "Performed Process" dalam model kapabilitas. Dengan demikian, penelitian ini dapat membantu Two Hearts ID dalam meningkatkan kinerja sistem informasi penjualannya dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2024-11-16