Analisis Sentimen Terhadap Ulasan Restoran Menggunakan Metode Multi Layer Perceptron

Authors

  • Septian Fadillah Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Wina Witanti Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Edvin Ramadhan Universitas Jenderal Achmad Yani

Keywords:

ulasan, sentiment analysis, Word2Vec, Multi Layer Perceptron, Restoran

Abstract

Abstrak

Reputasi restoran dipengaruhi ulasan yang diberikan oleh pengunjung kepada restoran terkait. Faktor yang mempengerahui ulasan restoran salah satunya rasa makanan, pelayanan, kebersihan, harga, dan lainnya. Rata-rata orang akan berkunjung kesuatu restoran melalui ulasan dari pengunjung sebelumnya. Dalam konteks ulasan restoran, klasifikasi sentimen analisis dapat membantu pemilik restoran atau pengelola untuk memahami pandangan pelanggan tentang pengalaman mereka di restoran tersebut Pada penelitian sebelumnya klasifikasi ulasan sudah pernah dilakukan dengan menggunakan metode yang berbeda menggunakan metode Naïve Bayes. pada penelitian tersebut memiliki tingkat akurasi 86,50% menjadi 90.50%. Pemanfaatan sentence embading mampu mengubah kalimat menjadi vektor numerik menggunakan Word2Vec kemudian setelahnya dilakukan proses klasifikasi dengan menggunakan Multi Layer Perceptron (MLP) yang menghasilkan dua kelas yaitu sentiment positif, negative . 

Downloads

Published

2024-10-23