Desain Gim Edukasi Sejarah Bertemakan Visual Novel Petualangan Tentang Sri Baduga Maharaja Menggunakan Design Play Experience
Keywords:
Gim Edukasi, Sejarah, Sri Baduga Maharaja, Design Play ExperienceAbstract
Perkembangan teknologi tidak hanya berkutat perangkat keras, namun sudah merambah ke dalam bentuk aplikasi ataupun dalam gim. Gim adalah kegiatan kompleks dalam suatu permainan yang dimainkan tersebut. Gim pun memiliki manfaat positif yakni terdapat dalam gim edukasi yang berperan melakukan pengajaran dan pengetahuan melalui sebuah permainan yang unik dan menarik. Penelitian ini berupa perancangan gim edukasi bertema sejarah dalam bentuk visual novel bertema petualangan tentang Sri Baduga Maharaja dengan menggunakan metode DPE (Design, Play, Experience) dan pendekatan kuantitatif. Serta dalam efektivas gim edukasi bertema sejarah ini dalam meningkatkan pemahaman pelajar umum sebagai calon pemain terhadap Sejarah Sunda. Tujuan penelitian yakni gim yang dapat mengedukasi sejarah yang menarik dan bermakna bagi pelajar umum. Gim edukasi diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi dalam mempelajari Sejarah Sunda. Cerita Sejarah dari Sri Baduga Maharaja atau dikenal juga dengan nama Prabu Siliwangi III yang merupakan salah satu cerita rakyat Sunda yang memiliki nilai-nilai sejarah dan budaya Sunda setelah bermain gim. Cerita ini menceritakan tentang perjalanan hidup Raja Sunda, Prabu Siliwangi. Dengan tercapainya tujuan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan gim edukasi sejarah.