Aplikasi Penempatan Furnitur dengan Agmented Reality sebagai Strategi Pemasaran menggunakan Metode Markerless Berbasis Android
Keywords:
mebel, furnitur, augmented reality, markerless, androidAbstract
Dalam memilih produk furnitur calon pembeli membutuhkan pengalaman yang lebih realistis dalam membantu calon pembeli membuat keputusan yang lebih informasi dan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan aplikasi Augmented Reality Markerless dengan menggunakan fitur Ground Plane berbasis Android sebagai strategi pemasaran untuk penempatan furnitur secara virtual. Dengan memahami potensi teknologi ini, kita dapat mengembangkan panduan praktis untuk bisnis furnitur yang ingin mengintegrasikan AR ke dalam strategi pemasaran mereka, Pondok Jati Jeporo sebagai tempat atau objek penelitian dari penelitian ini. Aplikasi telah melewati serangkaian pengujian yang menunjukkan bahwa semua fitur berjalan dengan baik. Uji coba kompatibilitas menunjukkan bahwa aplikasi dapat berfungsi dengan lancar pada berbagai perangkat Android yang memiliki versi minimal 8.0 (Oreo). Selain itu, hasil uji coba menunjukkan bahwa kamera Augmented Reality dapat digunakan secara optimal dalam target bidang datar yang baik dan pada jarak yang memadai serta pencahayaan yang cukup untuk menampilkan objek 3D. Uji coba kepada responden, yaitu rentang usia 20 sampai 35 Tahun, juga memberikan hasil positif. Sebanyak 13 responden memberikan nilai sebesar 84,17% pada kuisioner pertanyaan tentang aplikasi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai media interaktif untuk calon pembeli dalam memilih produk yang cocok dengan ruangannya.