Analisis Strategi Penggunaan Platform E-commerce Untuk meningkatkan Penjualan Melalui Pendekatan Model AIDA

Authors

  • Rina Indrayani Universitas Teknologi Bandung
  • Herman Ruswan Suwarman Universitas Teknologi Bandung

Keywords:

E-Commerce, Tokopedia, Shopee, Kepuasan Pelanggan, Peningkatan Penjualan, Analisis Performa Toko

Abstract

Penelitian ini menganalisis penggunaan platform e-commerce Tokopedia dan Shopee untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan dengan pendekatan Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Studi kasus toko cemilan coklat menunjukkan bahwa di Tokopedia, toko mendapatkan rating 4.9 dari 5.0 dan 96% kepuasan pelanggan, dengan kualitas produk dan pelayanan penjual sebagai faktor utama kepuasan. Di Shopee, toko memiliki rating 4.8 dari 5.0 berdasarkan 11,6 ribu penilaian, menawarkan 234 produk, dan beroperasi selama 7 tahun, menandakan stabilitas dan pengalaman. Analisis AIDA mengungkapkan bahwa perhatian pelanggan tertarik pada rating tinggi dan deskripsi menarik (Attention), ulasan positif memicu ketertarikan (Interest), rating kualitas tinggi membangkitkan keinginan (Desire), dan kepuasan pelanggan yang tinggi mendorong tindakan pembelian (Action). Meskipun performa chat 79% di Shopee menunjukkan ruang untuk peningkatan, strategi promosi yang memanfaatkan ulasan positif efektif dalam menarik pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kesuksesan e-commerce bergantung pada kepuasan pelanggan yang tinggi, pengelolaan toko yang responsif, dan penerapan strategi pemasaran yang sesuai dengan model AIDA.

Downloads

Published

2024-10-23