Arsitektur Sistem Informasi Kinerja Siswa Berbasis IASP2020 Dengan Metode TOGAF Framework

Authors

  • Joko Risanto Universitas Riau
  • Zaiful Bahri Universitas Riau
  • Ibnu Daqiqil Universitas Riau
  • Elfizar Elfizar Universitas Riau

Keywords:

IASP2020, TOGAF, Mutu Siswa

Abstract

n 68

 

Kualitas pendidikan suatu sekolah dapat diukur melalui berbagai parameter yaitu mutu siswa, proses pembelajaran, mutu guru dan manajemen sekolah. Pada aspek mutu siswa perlu manajemen yang akurat, efisien, dan transparan dalam penyampaian informasi mengenai hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) telah menyusun Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 berisi instrument standard untuk mengukur kualitas mutu sekolah. Satuan pendidikan dapat mengimplementasi IASP2020 untuk terus-menerus memonitor kinerja setiap faktor terkait untuk penjaminan mutu sekolah. Diperlukan sistem informasi yang relevan untuk kebutuhan tersebut agar kinerja mutu segera terdeteksi dan sekolah dapat segera mengambil tindakan yang tepat dalam mengatasi berbagai kendala, menemukan solusi atas permasalahan dan pencapaian hasil belajar siswa. Rancangan menggunakan kerangka kerja The Open Group Architecture Framework (TOGAF) yang telah teruji kehandalannya dalam pemetaan kebutuhan sistem yang besar (Enterprise System). Hasil penelitian ini berupa sebuah rekomendasi rancangan sistem informasi yang dikembangkan menggunakan TOGAF. Tujuan penelitian adalah membantu sekolah memetakan kebutuhan informasi strategis terkait kinerja mutu siswa di sekolah, memberikan informasi penting kepada orang tua tentang karakter anak mereka di sekolah sehingga membantu meningkatkan kualitas belajar anak dan memperoleh prestasi yang lebih baik. Hasil penelitian adalah rekomendasi sistem informasi strategis yang diperlukan sekolah.

Downloads

Published

2024-10-23