Pengembangan Aplikasi Pelayanan Pengaduan Publik “LaporMang” Berbasis Web Pada Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII
Keywords:
Aplikasi, Website, Pelayanan Publik, Pelayanan Pengaduan, Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIIIAbstract
Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII adalah unit pelaksana teknis dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang bertugas mengelola sumber daya air di Wilayah Sungai Musi-Sugihan-Banyuasin-Lemau. Saat ini Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII memiliki sebuah aplikasi pelayanan publik berbasis website yang diberi nama ‘LaporMang”. Aplikasi ini dapat menampung pengaduan seperti pengaduan Aset, Pengaduan LSM, Pengaduan terkait PJB, Pengaduan Bencana, dan Pengaduan Pelayanan Publik. Dalam penerapannya aplikasi ini masih memiliki beberapa kekurangan yaitu belum dapat memberikan notifikasi Ketika ada pengaduan yang masuk, masyarakat tidak bisa melihat status pengaduan yang sudah mereka buat, pengaduan yang masuk tidak memiliki kategori sehingga terjadi penumpukan pengaduan yang sulit untuk dilacak, panel admin yang belum bisa memberikan laporan aktual perihal pengaduan yang masuk dan belum ada fitur khusus untuk mengelola pengaduan. Berdasarkan permasalahan yang ada diperlukan pengembangan aplikasi guna mengatasi kekurangan yang ada dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Aplikasi dirancang dan dikembangkan dengan bantuan flowchart, diagram konteks, data flow diagram dan entity relationship diagram. Aplikasi yang dikembangkan memiliki fitur Dashboard admin untuk mengelola pengaduan, registrasi dan login bagi masyarakat untuk memantau pengaduan, friendly ask question, serta laporan pengaduan.