Pengembangan Media Promosi Potensi Pariwisata Desa Sukawati Berbasis Multimedia
Keywords:
Media Promosi, Desa Wisata, MDLC, Brand Book, Video Promosi, Perancangan Promosi Media SosialAbstract
Desa Sukawati yang berlokasi di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar memiliki keunikan adat, tradisi, budaya dan alamnya masih sangat terjaga kelestariannya yang membuat Desa Sukawati layak untuk menjadi daerah tujuan wisata. Desa Sukawati memiliki potensi wisata budaya yang dimana terkenal dengan kesenian yang menjadikan Desa Sukawati pusat seni khususnya di Kabupaten Gianyar, seperti contoh yaitu Tari Legong Keraton Gaya Sukawati, Kesenian Wayang Kulit dan Tradisi mepeed selain itu terdapat juga Pasar Seni Sukawati, Pantai Purnama dan Jogging Track Sudamala yang menjadikan Desa Sukawati sebagai tujuan pariwisata yang layak untuk dikunjungi wisatawan. Olehkarena itu diperlukan suatu media promosi online untuk menarik wisatawan berkunjung ke Desa Sukawati. Desa Sukawati belum memiliki media publikasi yang berfokus terhadap pariwisata yang dimiliki pada Desa Sukawati. Sehingga Desa Sukawati dapat lebih dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan. Perancangan media promosi ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development LifeCycle). Penelitian ini menghasilkan produk multimedia diantaranya adalah Brand Book, Website, Perancangan Media Sosial dan Video Promosi Desa Sukawati. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan dengan menggunakan metode pengujian black box testing mendapatkan hasil yang sudah layak digunakan dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner didapatkan total nilai rata-rata yaitu 4,7 dengan persentase 94% Dapat disimpulkan bahwa perancangan media promosi pengembangan Desa Sukawati sudah sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.