Pemasaran Online Produk UMKM Masyarakat Kecamatan Bandar Laksamana Bengkalis

Authors

  • Joko Risanto Universitas Riau
  • Roni Salambue Universitas Riau
  • Aidil Fitriansyah Universitas Riau
  • Sukamto Sukamto Universitas Riau
  • Zaiful Bahri Universitas Riau
  • Evfi Mahdiyah Universitas Riau

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Bandar Laksamana

Abstract

Masyarakat Desa Parit-1 Api-Api, Desa Sepahat dan desa Api-api Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis berprofesi sebagai pekebun dan nelayan. Wilayah kecamatan tersebut berada di pesisir Selat Bengkalis. Beberapa usaha dijalankan ibu-ibu disana diantaranya fashion dari sisa kain songket, keripik ubi, ikan salai pari, kuliner pisang coklat dan kue tart. Kaum ibu rumah tangga di Kecamatan Bandar Laksamana memiliki potensi untuk maju namun mereka menjalankan usaha hanya sekedar sambilan. Apabila para ibu-ibu pelaku UMKM tersebut tidak diberikan semangat dan pengetahuan maka usaha mereka tidak akan bisa berkembang dan seterusnya akan mati. Keberadaan internet yang telah sampai di desa perlu dimanfaatkan untuk mereka bernilai ekonomis bagi para ibu rumah tangga misalnya membantu UMKM dengan memiliki toko online. Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah memberikan edukasi pemasaran digital dan pelatihan mengelola toko online kepada UMKM Kecamatan Bandar Laksamana. Metodanya yaitu mendata UMKM potensial, memilih yang produknya memungkinkan dipasarkan secara online, membantu mereka memiliki akun “tokopedia” sebagai market place di internet,  mengundangnya untuk sosialisasi marketing digital dan melatih bagaimana mengelola market place. Hasilnya delapan pelaku UMKM memiliki akun tokopedia dan mulai memasarkan produk-produknya. Melalui pemasaran digital diharapkan biaya operasional mereka lebih efisien dan efektif meningkatkan omzet melalui perluasan pasar menjadi pasar global.

Downloads

Published

2024-10-23