Pengembangan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Penjualan Pada UMKM

Authors

  • Farida Frihatini Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
  • Ulfah Ulfah Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
  • Sinta Mustika Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
  • Fathia Syahani Putri Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Daya Saing, Penjualan

Abstract

Era Industri 4.0 memperkenalkan integrasi internet dalam produksi global, menciptakan lingkungan bisnis yang lebih kompetitif melalui otomatisasi dan teknologi cyber. Transformasi ini menuntut UMKM untuk mengadopsi strategi pemasaran digital guna meningkatkan daya saing dan penjualan. Digital marketing memiliki keunggulan seperti kemampuan untuk mengukur hasil dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan efisien, Namun, masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan potensi tersebut secara optimal. Oleh karena itu, perlunya suatu upaya strategis dalam pengembangan digital marketing bagi UMKM menjadi sebuah keharusan untuk tetap relevan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan strategi digital marketing yang efektif untuk UMKM di Koperasi ABK Tangerang Selatan, dengan beberapa metode antara lain (1) memaparkan pentingnya konten digital dalam promosi, (2) diskusi untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi UMKM membuat konten digital, dan (3) simulasi sebagai sesi praktik sehingga diharapkan pelaku UMKM lebih memahami dan menguasai cara membuat konten dengan media digital sebagai sarana promosi bisnis. Hasil PKM menunjukkan bahwa UMKM di Koperasi ABK masih menghadapi kesulitan dalam mengadaptasi teknologi digital, terutama dalam pemahaman taktik pemasaran dan pembuatan konten yang menarik. Diharapkan kegiatan ini akan membantu UMKM di Koperasi ABK untuk lebih optimal dalam strategi pemasaran digital mereka.

Downloads

Published

2024-10-23