Pelatihan Perancangan Diagram Konteks Bagi Siswa/I Jurusan RPL SMK Negeri 1 Pariwisata Jayapura

Authors

  • Emy Lenora Tatuhey Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Jim Lahallo Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Ajenkris Yanto Kungkung Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Boney Bun Universitas Sepuluh Nopember Papua

Keywords:

PKM, Diagram Konteks, Perancangan sistem, Siswa/i SMK

Abstract

Perancangan sistem merupakan suatu hal awal yang harus dilakukan dalam merancang sistem informasi, dimana dengan perancangan sistem dapat mengetahui dan memahami bagaimana alur sistem atau desain sistem yang akan dibangun. Diagram Konteks merupakan suatu diagram yang digunakan dalam mendesain sistem dimana dalam diagram kontes dapat terlihat sistem yang berjalan dan keseruhan sistem serta hak akses dari setiap User. Siswa/I Jurusan RPL dituntut untuk dapat mengambarkan diagram konteks tersebut, hal ini berpengaruh dengan Ujian Kompetensi yang akan diikuti, untuk itu perlu dilakukan pelatihan mengenai perancangan diagram konteks guna untuk membantu siswa/I dalam mengambar dan mendesain sistem. Universitas Sepuluh Nopember Papua hadir melalui pengabdian kepada masyarakat untuk membantu Siswa/I Jurusan RPL SMK Negeri 1 Pariwisata Jayapura dalam merancang sistem yang akan dibangun terlebih lagi dalam penguasaan materi untuk Ujian Kompetensi yang akan dilakukan. Pelatihan ini dilakukan dengan tahapan ceramah agar siswa dapat mengetahui terkait apa itu diagram konteks, simbol dan cara perancangan, kemudian tanya jawab untuk menguji pengetahuan terkait materi dari siswa dan praktek merancang diagram konteks. Dari PKM ini diperoleh hasil yang maksimal berdasarkan hasil ujian dan pengolahan kuesioner pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebanyak 92,2 % yang menjawab sangat benar, terhadap 4 indikator pertanyaan yang diberikan oleh narasumber yaitu sangat benar, benar, cukup, dan kurang. Pertanyaan di sampaikan menggunakan kuesioner pada akhir kegiatan.

Downloads

Published

2024-10-23