Identifikasi Persiapan Transformasi Digital Pada UMKM Pengrajin Batu Bata di Kabupaten Banyuasin
Keywords:
umkm, transformasi digital, e-commerceAbstract
Transformasi digital menjadi kunci dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), termasuk pengrajin batu bata di Kabupaten Banyuasin. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya pada UMKM pengrajin batu bata di kabupaten Banyuasin bertujuan menilai kesiapan digital pengrajin, mentransfer pengetahuan, dan menyediakan alat bantu pemasaran untuk mendukung digitalisasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, survei, wawancara, dan observasi mengungkapkan bahwa pengrajin menyadari pentingnya digitalisasi namun terbatas dalam pengetahuan, keterampilan, dan infrastruktur teknologi. Program pelatihan yang dikembangkan meliputi literasi digital dasar, e-commerce, media sosial, dan manajemen produksi digital. Bentuk pemberdayaan pengrajin batu bata diharapkan dapat meningkat hampir 90%, pengrajin batu bata juga nantinya mampu mengoperasikan perangkat komputer dan internet, serta penerapan platform e-commerce dan media sosial meningkatkan penjualan produk. Pelatihan tambahan dalam fotografi produk, desain grafis, dan manajemen produksi digital juga meningkatkan kualitas pemasaran dan efisiensi produksi. Penyesuaian strategi berdasarkan umpan balik pengrajin untuk memperkuat efektivitas kegiatan pengabdian ini. Transformasi digital yang disiapkan diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas dan daya saing pengrajin batu bata, menawarkan model yang dapat diadopsi oleh UMKM di daerah lain, serta mendukung peningkatan kapasitas digital UMKM di Indonesia.